Sabtu, 08 Desember 2018

Pasar Cikundul, Ada Apa Disana?

Di utara Sukabumi ada Pondok Halimun dan Selabintana tapi itu milik Kabupaten Sukabumi. Di selatan ada lebih banyak destinasi wisata, sebutlah Pelabuhan Ratu, atau yang sedang kekinian Ciletuh Geopark yang mana Pelabuhan Ratu juga termasuk kedalamnya. Barat dan Timur? Ada sih beberapa, tapi hey sekali lagi mereka milik Kabupaten Sukabumi entah itu dikelola oleh Pemerintah Kabupaten maupun pihak swasta. Lantas di Kota Sukabumi sendiri apakah ada destinasi wisata?
Beruntunglah ada GenPi, jujur sampai saat ini masih jadi pertanyaan sendiri, apakah GenPi itu sebuah komunitas atau bukan meski di situs genpi.co sendiri judulnya adalah “Platform No 1 Pariwisata Indonesia“. Tapi, mari kita hilangkan pemikiran skeptis macam itu. GenPi ini sudah hadir di Sukabumi (@genpisukabumi) dan saat ini diurus oleh kang Agus Rustiawandi, Kang Geri, Teh Irni dan kawan-kawan serta didukung oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi. Teman-teman di GenPi Sukabumi kemudian “menyulap” sebuah tempat di Kota Sukabumi yang orang Sukabumi sendiri ada yang tidak tahu tempat macam apa itu. Kalau kamu pernah mendengar, atah bahkan berendam air panas di Cikundul, ya itulah tempat yang dimaksud.

Disulap macam bagaimana ? Cikundul sebenarnya sudah lama dikenal orang, baik dari Sukabumi maupun dari luar Sukabumi itu sendiri. Tapi jika membandingkan dengan destinasi wisata lain yang ada di Sukabumi, dalam hal ini porsi lebih besarnya itu Kabupaten Sukabumi, Cikundul lebih dikenal dengan tempat untuk berendam air panas saja. Padahal sebenarnya disana ada cukup banyak destinasi lain selain pemandian air panasnya .

Bukan Cuma Tempat Berendam Air Panas

GenPi Sukabumi membuat sebuah Destinasi Pasar Digital di Cikundul ini, yang dinamakan Pasar Cikundul (@pasarcikundul). Pasar Cikundul ini konsep dasarnya merupakan sebuah pasar tradisional yang bernuansa modern. Digital disini diinterpretasikan kepada media pemasarannya atau media publikasinya. Saat ini siapa sih orang-orang zaman sekarang yang tidak memegang ponsel cerdas a.k.a smartphone dan memiliki akun media sosial? Rasionya mungkin lebih sedikit yang tidak daripada yang iya. Lantas, apa saja dagangan yang ada di lapak Pasar Cikundul ini?  ada jajanan dan makanan berat juga, tapi yang pasti isi lapaknya tetep bernuansa tradisional.


Jajan Pake Uang Koin

Untuk dapat jajan disini, kamu harus membeli menggunakan uang koin. tapi bukan uang koin gopean atau seribu rupiah yaa, melainkan uang koin khas Pasar Cikundul.


Nostalgia Masa Kecil

Kalau kamu pernah jajan gulali, atau nama populernya rambut nenek, atau rindu dengan gongsir, lotek, dan jajanan jaman khas baheula, nah disini tersedia. 

Pasar Cikundul ini dibuka setiap hari Minggu yang lokasinya di Pemandian Air Panas Cikundul, dan setiap minggunya itu akan disajikan suguhan hiburan yang berbeda-beda. Minggu ini ada Sukabumi Violin, kemudian suguhan musik keroncong, dan Saung Dongeng Sukabumi juga pernah tampil disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar