Rabu, 14 November 2018

8 Kuliner Legendaris di Sukabumi

Jika berbicara tentang makanan, pasti tidak akan ada habisnya. Dari masa ke masa, tren makanan selalu berkembang dan berubah. Namun ada juga makanan yang tidak lekang oleh zaman. Nahh dibawah ini ada beberapa makanan yang tetap eksis di Kota Sukabumi dalam jangka waktu yang lama. Orang Sukabumi Asli pasti pada tau. Apa saja daftarnya? Simak di bawah ini.

1. Bubur Ayam Bunut

Bubur Ayam Bunut
Yang pertama adalah bubur ayam bunut. Bubur ini menjadi bubur favorit banyak orang karena rasanya yang khas di tambah dengan topping yang cukup banyak. 

Dengan makanan pelengkap lainnya seperti ati ampela ayam, risol atau orang sukabumi menyebutnya karoket dam potongan ayam goreng. Rumah makan bubur ayam bunut berkonsep modern tradisional dan terdiri dari ruangan indoor dan outdoor. Bubur ini buka pukul 06.00 pagi, terletak di Jalan Siliwangi Kota Sukabumi.

2. Mie Bakso Super H. Ahmad Suja'i (Bakso HAS Mang Dja'i)

Bakso HAS Mang Dja'i
Mie Bakso HAS Mang Dja’i adalah salah satu bakso legendaris yang masih eksis hingga sekarang. Bakso yang lembut, daging isiannya yang tebal, hingga kuahnya yang kaya akan rasa kaldu daging tentu menjadi favorit banyak orang. Mie bakso ini buka dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 21.00. Harga bakso ini adalah Rp.17.000 dan pelengkap bakso yang nikmat ini ada risol goreng, emping, dan kerupuk kulit. 

3. Bandros Ata

Bandros Ata

Salah satu bandros yang terkenal di Sukabumi adalah bandros mang Ata yang berada di Jalan Gudang. Bandros menjadi primadona masyarakat Sukabumi dan juga para wisatawan serta para pendatang di Sukabumi karena enak disantap bersama dengan segelas teh hangat  atau bandrek di malam hari. Harganya yang sangat murah menjadi daya tarik tambahan dari bandros ini. Hanya merogoh kocek sekitar 8 ribu rupiah saja kamu bisa mencicipi kue bandros nan enak ini. Penjual bandros yang berjualan di trotoar jalan biasanya mulai buka mulai pukul setengah 9 malam sampai 6 pagi. Tempat berjualan bandros juga kerap dijadikan tempat nongkrong bagi anak anak muda Sukabumi sembari berkumpul dengan teman sebayanya membahas berbagai macam hal. Terdapat beberapa varian rasa seperti original, keju, coklat dan lainnya. Disini juga anda dapat memesan telor ayam kampung setengah matang yang menjadi makanan favorit juga. 

4. Mi Goreng Udin

Mi Goreng Udin

Mi goreng khas Sukabumi yang melegenda ini adalah favorit banyak orang dan hingga terkenal sampai keluar kota. Banyak wisatawan luar kota yang menyempatkan hanya untuk menikmati mie goreng udin ini. Mie goreng ini memiliki porsi yang banyak alias jumbo, dengan harga Rp. 35.000 tentu sepadan bukan? Mie goreng ini buka dari sore hingga larut malam, terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Sukabumi. 

5. Geco Assyifa

Geco Asyifa
Geco adalah makanan tradisional khas Sukabumi yang masih banyak penggemarnya. Geco adalah singkatan dari Tauge dan Tauco atau warga Bogor dan Jakarta menyebutnya Tauge Goreng. Geco sendiri isiannya cukup banyak ; seperti mie kuning, tahu goreng, ketupat, tentunya tauge dan disiram dengan kuah tauco yang nikmat kemudian ditambah kecap dan kerupuk sebagai pelengkap. Geco yang cukup terkenal di Sukabumi adalah geco Assyifa, terletak dijalan Jendral Sudirman tepatnya seberang Rs. Assyifa. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, hanya dengan Rp.10.000 anda dapat menikmati nikmatnya geco ini.

6. Roti Priangan

Roti Priangan
Makanan tradisional khas Sukabumi yang satu ini juga cocok dijadikan oleh oleh setelah anda berkunjung atau mampir ke Sukabumi. Rasanya sangat enak sehingga banyak sekali wisatawan dan pengunjung Sukabumi yang memburunya. Makanan tradisional berjenis kue ini dibuat dengan adonan khusus dan campuran khusus sehingga menciptakan sajian kuliner dengan cita rasa yang sangat lezat dan nikmat. Salah satu tempat yang menjual makanan tradisional ini adalah Toko Roti Priangan Oey Tjiang Lie yang sudah menjual roti priangan sejak jaman dulu kala. Meskipun dibuat oleh pribumi, namun cita rasanya khas Belanda. Roti pringan ini sehat karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Roti ini dijual menggunakan gerobak jadul yang masih sama seperti zaman dahulu. Harga roti ini di banderol mulai dari Rp.5.000 dengan ukuran yang cukup besar.

7. Nasi Ungu

Nasi Ungu

Makanan khas Sukabumi Jawa Barat selanjutnya adalah nasi uduk ungu yang cukup populer. Keunikan kuliner ini terletak pada warna nasinya yang berwarna ungu, berbeda dengan nasi uduk kebanyakan yang sering kamu temui. Warna ungu tersebut berasal dari buah bit atau ubi ungu yang digunakan sebagai pewarna makanan alami, bukan dari pewarna makanan berbahan kimia ya. Satu porsi nasi uduk ini berisi nasi dan campuran lauk lainnya berupa ayam goreng, tempe, tahu, telur dadar, sambal, dan juga lalapan. Siapapun yang mencoba nasi uduk ini pasti akan ketagihan. Nasi Ungu ini di Jual di Resto Mamih Ungu yang terletak di Jl. Brawijaya No. 16 Sriwidari, Gunung Puyuh.

8. Bubur Ayam Odeon

Bubur Ayam Odeon
Kawasan wisata kuliner odeon di Sukabumi ini punya sajian makanan khas yang terkenal akan kelezatannya berupa bubur, yaitu bubur ayam odeon. Lokasi kuliner yang berada di Pecinan Sukabumi ini selain menyediakan bubur ayam odeon juga menyediakan kuliner khas peranakan seperti aneka bakmi dan wedang. Meskipun sama sama bubur, namun bubur odeon berbeda dengan bubur ayam bu Nut karena ada campuran kaldu ayam kampung di satu porsinya yang ditambah dengan taburan daun bawang, pangsit, bawang goreng, sawi asin, tumisan kentang dan juga irisan daging ayam serta tidak lupa irisan mentimun. Cara menikmati bubur ini cukup unik, anda bisa menggunakan sumpit untuk makan buburnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar