Selasa, 13 November 2018

Geopark Ciletuh, Pantai Hingga Air Terjun Ada Disana

Indonesia memiliki beragam pesona alam yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya Geopark Ciletuh yang berada di Pelabuhanratu, Sukabumi, jawa barat yang mencakup 8 kecamatan. Lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Ciemas, Sukabumi ini, anda bisa menikmati pemandangan alami mulai dari wisata pantai, air terjun untuk spot foto terbaik. 


Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu yang belum lama ini ditetapkan UNESCO menjadi geopark dunia bisa menduduki peringkat ketiga pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Kementrian Pariwisata sebagai objek wisata baru terpopuler. Di kawasan ini, anda akan mengunjungi kawasan menarik dan sangat populer, diantaranya:

1. Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan
Titik pandang panenjoan berada di pinggir jalan Desa Taman Jaya, dengan ketinggian 300-an mdpl.
Lokasinya sudah dibuat rapi dengan pagar pembatas di tepi tebing, menara-menara maupu teras-teras pandang, serta ada tulisan panenjoan. Untuk memasuki Tebing Panenjoan anda akan dikenakan biaya parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

2. Pantai Palapang

Pantai Palapang di Desa Ciwaru menjadi basecamp paling strategis untuk mengeksplor Geopark Ciletuh di zona intinya begitu melewati tempat pelelangan ikan sudah terlihat  hamparan pasir pantai di kiri jalan. Terlihat beberapa penginapan di kanan maupun kiri jalan, begitu juga warung warung tepi pantai. Untuk memasuki Curug Awang anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang.

3. Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung
Curug ini kelihatan bagian atasnya dari Pantai Palapang. terletak juga di Desa Ciwaru, di aliran sungai Cimaranjung. tingiinya lebih dari 50m. oleh orang lokal disebut dengan curug goong karena pada hari tertentu terdengar suara gong. Menurut legenda, ada gong yang tersembunyi di curug tersebut, peninggalan keraton alam gaib. Untuk memasuki Curug Cimaranjung anda akan dikenakan biaya parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

4. Curug Sodong

Curug Sodong

Curug ini juga terletak di Desa Ciwaru. sering juga disebut Curug Kembar karena ada dua aliran curug bersebelahan, setinggi kurang lebih 20-an meter. Jauh diatasnya terlihat Curug Cikanteh. saat debit air tak terlalu besar akan terlihat di baliknya ada gua (sodong). Tapi jangan sembarangan masuk kecuali anda bersama pemandu lokal ya. selain kembar, ciri khas curug ini adalah adanya batu besar nangkring yang ditopang batu kecil di puncak diantara aliran dua curug tersebut. Untuk memasuki Curug Sodong anda akan dikenakan biaya parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

5. Curug Cikanteh

Curug Cikanteh

Curug yang cantik dengan rimbunan pepohonan hijau di sekitarnya ini terlihat dari Curug Sodong. Curug Cikanteh terletak di Desa Ciwaru. Curug ini merupakan bagian teratas dari rangkaian tiga curug lainnya. untuk menuju curug ini harus ditempuh dengan berjalan kaki dari Curug Sodong melalui jalan setapak yang menanjak dan berbatu selama 30 menit, serta menyebrangi sungai tanpa tersedia jembatan yang permanen. Untuk memasuki Curug Cikanteh anda akan dikenakan biaya parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

6. Curug Awang

Curug Awang
Untuk menuju ke curug yang berada di Desa Taman Jaya ini cukup jauh, sekitar 1 jam berkendara dari Curug Sodong. Akses jalannya agak rusak, di kanan kiri kita akan melihat kebun jati maupun sawit. Ada gubuk-gubuk tempat warga mengolah gula kelapa. Berada pada alirang Sungai Ciletuh, di bawah Curug Awang, 300m ke arah hilir ada Curug Tengah (tingginya 5m) dan dibawanya lagi (500m dari Curug Tengah) ada Curug Puncak Manik(100m).
Untuk memasuki Curug Awang anda akan dikenakan biaya parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.

7. Puncak Darma

Puncak Darma
Jika ingin naik hingga ke Puncak Darma pengunjung bisa memulainya dari parkiran Curug Cimarinjung. Kalian tidak bisa bawa mobil sendiri karena jalannya masih offroad. Harus sewa mobil 4WD, atau bisa juga naik ojek Rp.60.000 PP, atau trekking (antara 1,5-2 jam). Namun perjalanan yang sulit untuk menuju puncak darma akan lunas terbayar dengan pemandangan yang sangat indah dari puncak darma. Dari atasnya kita bisa melihat garis keseluruhan Pantai Palangpang yang berbentuk tapal kuda. Untuk memasuki Puncak Darma anda akan dikenakan biaya Rp. 3.000 per orang, dan parkir  Rp. 3000 untuk motor dan Rp.5000 untuk mobil.
Puncak Darma
Begitulah sekilas tentang geopark ciletuh. Masih banyak tempat di sana yang dapat dikunjungi selain yang telah disebutkan diaatas. Kapan kalian akan kesini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar